Rabu, 26 September 2018

10 Facts About Indonesian Food

Did you already know about country calls Indonesia ? I wish you did, hehe, or not at all ? Okay at least, have you ever hear about BALI ? Yes, that is holiday island destination.

In fact Bali is only one of the thousand island in Indonesia.

If you have any  plan to visit this country, better stay read more, or keep reading for your knowledge about this beauty small part in the earth.

Then, have a nice travel everyone !

1. Almost all foods in Indonesia use red union, garlic, pepper, coriander seeds / parsley, and Chili as main ingredient of cooking spices.
credit https://resepalamiah.files.wordpress.com/

2. There are many kind of foods and drinks using coconut milk.
credit : http://cdn2.tstatic.net/jabar/

3. If you loves curry, I recommended you try "Opor ayam" this main food serve on official holidays in Islam as eid al-fitr and eid al-adha.
credit http://kueresep.com

4. Water is not free, big restaurans or small restaurants provide paid bottled mineral water. Another chance waiters would ask you what prefer you like to drink ice tea or lemon ice.
credit http://updatewew.blogspot.com/

5. Sambal is the majority and popular souce in Indonesia, you also can get ketchap or mayonaise if you want, just ask the waiters.
credit https://cdn.idntimes.com/

6. KERUPUK looks like crekers, so much kind of them Made from wheat, shirm, fish, even fish Bone. Local people eat kerupuk with rice and soups.
 credit http://www.ayobekasi.com/wp-

7. If you in the restaurants or any place for foods in Indonesia don't ask waiters for ketchap, but please say Tomato souce or saos tomat (local language). If you keep said ketchap, oh dear they Will bring you sweet soy souce.
kredit http://tokodbk.com/

8. Don't got surprise of you visit small restaurants then they use rolling tissues. Local people just do not know how itu use to be in another country.
credit http://www.ayogrosir.com/

9. One piece chicken eaten by one person,  also local person add one piece of rice too. Wanna proof this? Go ahead to KFC or McDonald's then see their list menu.
credit http://www.kfcku.com/

10. Fact, Indonesia people prefer to strawberry fanta than orange fanta. Have you ever try ?
credit https://image1ws.indotrading.com/s3/productimages/c

see you on the next post
pai pai
💚💚💚

Sabtu, 08 September 2018

cara buat : Surat Kesehatan Sehat Rohani

Hi there !

Assalamualaikum.

Benar-benar gak nyangka deh kalau aku harus ke poli jiwa ?, yah ! Buka kenapa - kenapa sih, ini cuma buat persyaratan untuk pendaftaran something**** gituh.

Jadi awalnya sempat bingung juga sama ini surat, tanya teman, kebetulan teman yang ditanya juga gak tahu.

Kemudian aku ke RSUD (rumah sakit umum daerah) pokoknya rumah sakit pemerintah yang paling besar di kota aku.
Sampai ke RSUD katanya cuma melayani surat kesehatan JASMANI.

Aku malah dirujuk ke RSKD (rumah sakit khusus daerah) kalau yang sering orang bilang sih RSJ / rumah sakit jiwa.
Sesampai RSJ aku ke loket daftar isi formulir (nama, umur, TTL, no KTP, kepentingan, dan lain - lain).

Kemudian pembayaran ke loket kasir Rp 350.000. (sedikit cerita aku baca di blog seseorang biaya 250k dan aku lupa baca itu ternyata artikel 2016 wkwk sampai di kasir  kaget lah, orang aku di dompet cuma 300k Alhamdulillah bawa kartu debit waktu itu)
Ruang psikometri RSKD provinsi Maluku.

Dari kasir aku diarahkan ke ruang Phisikometri, kemudian ketok-ketok pintu masuk di sana gak ada dokternya, cuma ada dua orang pegawai, nah aku kasih kertas dari kasir beserta bicara maksud dan tujuan aku.

Kemudian disuruh menunggu 10 menit, si pegawai bapaknya keluar, maaf aku gak tahu ini orang mantri apa bukan yah soalnya pakai kemeja biasa, lalu aku diarahkan ke ruang semacam rapat gitu.

Anggap ajah ruang rapat, meja sama kursi aku menghadap jendela, aku dikasih lembar jawaban oles (yang seperti ujian nasional itu loh) cuma pilihannya plus + dan minus - dan 1 buku yang isinya PERYATAAN-PERYATAAN bukan pertanyaan yah, ada 567 peryataan, dan waktu menjawab adalah 2 jam.

Contoh :
1. Saya menyukai menonton berita kriminal
2. Jika saya seorang wartawan saya akan senang jika meliput hal-hal mengenai kesenian
3. Saya menyanyi ibu saya
Semisalnya teman-teman setuju dengan kalimat peryataan maka oles tanda plus (+) kalau tidak setuju oles sebaliknya  minus (-)

Sebelum mengisi lembar ujian dikasih instruksi cara pengisian lembar jawaban, dan selama menjawab soal aku dengar, bapak yang mengarahkan dan mengawasi aku malah tertidur wkwk ada suara  ngoroknya hehe 

Setelah tes selesai, kata bapaknya lembar jawaban akan diperiksa menggunakan sistem komputer atau apalah maaf lupa, kalau hasilnya valid akan lanjut ke sesi wawancara, kalau gak valid bakal tes ulang lagi.

Kemudian lembar jawaban aku diperiksa menunggu sekitar 1 jam, Alhamdulillah aku hasilnya valid, lanjut ke wawancara. 

Pas wawancara sebenarnya sempat khawatir sih, eh padahal yang ditanyain sekedar tujuan aku, tentang aku, terus di jelaskan bahwa hasilnya baik, gak usah khawatir.

Terakhir aku dikasih amplop panjang  hasil tes, ada 5 lembar, berisi satu lembar surat pemeriksaan kesehatan jiwa, dan empat lainnya berisi grafik-grafik serta nilai hasil tes.

Sekian post kali ini, semoga bermanfaat.

See you on the next post.
Xoxo.

Rabu, 27 Desember 2017

Tim terpisah di gunung


Aku beberapa bulan lalu membaca artikel di internet dengan judul "hal yang sebaiknya kamu lakukan sekali seumur hidup"  dalam daftar tersebut yang buat aku terkesan adalah pertama yaitu traveling sendiri, kedua yaitu naik gunung.

Aku tipe orang yang suka belanja sendiri, pengurusan sendiri dan lainnya. Bukan benci ditemani cuma aku jomblo :D LOL hehe nggak Ding !

Aku takut ngerepotin ajah soalnya aku pemilih :P #sadardiri kecuali sahabat yang temani aku nggak terlalu risih. Yah kalau emak ... Iyain ajah deh ! AMAN.

Jadi pada bulan Oktober 2017 kemarin kira-kira skripsi aku udah selesai 90% sahabat aku mawar ngajakin aku naik gunung. Yah simpel aja pemikiran aku aji mumpung kan beda sama jalan-jalan lain yang modalnya duit. Bisa pergi kapan saja aku mau.

Nah gunung, biar aku udah nabung kan kalau gak ada temannya yah nggak bisalah, cari mati.

Aku berangkat dari rumah setelah sholat Jum'at dengan modal baju, jaket, celana denim putih, dan sepatu karet cewek yang sedang dipakai. Dalam tas baju kaos satu, kain Bali, perlengkapan mandi, hp dan senter.

Sampai kosan temen, yang senior pada geleng-geleng karena perlengkapan aku yang suram plus ijin cuma semalam.

Segala hal-hal yang kurang sudah dicover di kosan temen. Berangkat lah kita setim 2 cewek  (aku dan mawar) 3 cowok (Deo, Dadang, dan Didi).

Satu-satunya yang tahu jalan dan Medan adalah Deo, di antara kita berlima si Didi merupakan orang orang baru aku kenal.

Pendakian mulai jam 17:00 wit dengan sepatu cewek aku, sejam pertama pendakian itu luar biasa.

Nafas, detak jantungku berdebar ratusan per menit, keringat keluar bak biji jagung, muka merah berasa pipi ketarik, mata panas men. Oh ! Nggak ini buruk, bertahun nggak olahraga.

Hingga jam pukul 22:30 sedang gerimis kita sampai pada spot pendirian tenda pas dekat kali terus katanya ini udah setengah jalan menuju puncak. Tim putuskan untuk lanjut besok pagi.

Jam 08:00 Deo baru muncul abis tidur di goa, soalnya di tenda sempit berisik dan gak nyaman, kata itu orang.

Sambil makan pagi Deo bikin roti bakar, dia jelasin kalau ijin satu malam itu gak cukup apalagi kemarin kita starnya sore.

Dan tatapan ke empat orang itu beneran deh intimidasi banget,  soalnya Deo tanyain semua tergantung aku lanjut gak?!  Jawaban aku okelah lah kalau begitu. Tanggung coy !

Pendakian dimulai jam 9:30 khusus aku tanpa menyentuh barang apapun Deo, Dadang, Didi benar-benar sangat bantu bahkan botol air pun aku dilarang pegang, tak sampai disitu beberapa kali aku ditawarkan untuk digendong tapi walaupun tertatih kayaknya aku lebih pilih jalan.

Menuju puncak kali ini aku bersih kukuh kalau kak Deo harus di belakang aku, beliau nggak boleh di depan karena pasti bakal hilang jejak Saking cepat jalannya. Ini atas saran kak Dadang juga sih yang nyuruh aku ngomong.

Dalam perjalanan keringat masih ngucur tapi detang jantung, nafas udah lumayan terbiasa, aku selama perjalanan nenteng tongkat sakti terus. Yup kayu setinggi 60 cm yang dijadikan tongkat.

Tak sampai disitu, masih ingat aku pakai denim putih kebiruan?! Celana aku potong selutut pakai pisau dapur kecil karena kotor dan sedikit gerah, terus aku putuskan bertelanjang kaki, Untung gunung nggak ada beling yah kan.

Semakin tingginya gunung jenis tanah dan tanaman beda-beda, mulai dari tanah berkapur, tanah liat, tanah penuh akar, hampir menuju puncak tanahnya semua berlumut dan tumbuhannya makin lebat dan pendek-pendek. 

Ah maaf nggak tahu nama tumbuhan soalnya !

Sampai puncak rasanya legah sekali. Kurang beruntung karena sedang hujan ditambah berkabut jadi pemandangan kebawah tidak jelas.

Tapi ada hal lain yang lebih menarik perhatian aku yaitu nggak disangka ada beberapa bunga liar dan angrek liar.

Those flowers are pretty damn beautiful.

Oh yah aku juga langsung telepon Mama kalau aku ijinnya jadi dua malam, beliau sempat ngomel panjang lebar karena aku bohong, walau beliau ngomel justru aku legah karena udah jujur  :D.

Setelah para cowok cari air, masak, bikin kopi, intinya aku berasa nothing waktu itu, nggak bisa apa-apa, nggak kerja apa-apa. Fix jempol empat buat Deo, Dadang, Didi laki bener lah!

Dua jam dipuncak kita putuskan untuk turun, 

Lagi, seperti biasa aku dan kak Deo belakangan untuk manipulasi rasa capek selama perjalanan banyak hal yang aku obrolin, Dadang, mawar dan Didi berada 20m jalan di depan kita, selama setengah jam mereka tiba-tiba menghilang.

Aku dan kak Deo coba berpikir positif mungkin aku yang jalannya terlalu lambat, mereka udah jauh karena udah ngerti jalur awal pas naik ke puncak.

Hampir setiap sepuluh menit aku dan Deo, teriak nama mawar, dadang, Didi dan selalu gak ada respon balas.

Jam 18:00 wit seratus meter dari letak tenda kemah tak terlihat ada seorang pun dan barang-barang masih tetap pada tempatnya gak ada perubahan sama sekali.

"Ah mereka lagi ngerjain kita kali" kata Deo, "yah nggak lucu kak" kata aku. Deo coba telusuri area dekat kemah dan sungai tetap tidak ada orang. "Fix mereka kesasar" kata Deo

Aku dan Deo bersihin diri, makan, diskusi, hasilnya habis sholat magrib Deo bakal cari tiga orang teman, sedangkan aku tetap tenda.

Parahnya senter cuma tinggal dua, satu di aku dan satu di mawar dan itu senter semuanya 80% low baterai. 

Jam 19:00 berangkat Deo dengan senter dan aku sendiri di tenda tanpa penerangan.

Sumpah, aku ngerasa takut banget. Sendiri men di tengah gunung gelap gulita lagi. Berasa uji nyaii? Gak lah. 

Uji nyali diawasi kamera punya lilin pula, nah aku, cuma Tuhan yang tahu.

Cuma mikir lagi, teman-teman aku lebih sengsara mana kesasar, kelaparan, dan kedinginan lagi hujan gak ada jaminan kalau malam ini mereka bakal ketemu.

Aku walaupun sendiri setidaknya ada makanan dalam tenda dan gak kehujanan, walaupun tenda ujung-ujungnya bocor. 

Aku gak ikut Deo karena jalan aku tertatih, mata aku minus, kurang penerangan, otomatis aku bakal jadi beban lagi.

Dalam tenda aku makan Snack untuk hilangkan rasa takut, beberapa tahayul juga aKu pikirkan. Tidak lupa bedoa.

 You know what aku sempat kepikiran film horror yah kalau aku mati disini otomatis aku mati kafir karena aku aku gak sholat 5 waktu. Atau kalau aku tidur pas bangunnya udah ada di tempat atau dunia lain ah ini mitos aku dengar di tempat kkn.

Udah tiga jam aku sendiri tiba-tiba ada senter yang tertuju pada tenda aku, pikir aku ini pendaki lain, kak Deo, atau bantuan teman mawar karena dari puncak ada signal buat telepon atau malah jin yang nyamar, oke pikiran aku udah campur aduk.

Cahaya mendekat eh ternyata dilan seseorang yang aku kenal juga ntah legah rasanya dan dia bersama seseorang katanya pelari gunung lupa nama yang langsung menuju kak Deo. Sedangkan dilan kasih aku senter dan temani aku ngobrol dari luar tenda.

Aku tetap diam dalam tenda sesuai kata Deo apapun yang terjadi harus tetap dalam tenda.
"Eh kamu gak dengar suara yang aneh biasanya dari sungai ini ada suara anak kecil main susun batu, pas pagi biasanya ada batu yang tersusun" kata dilan, "nggak, gak ada apa-apa tuh, biasa ajah, cuma gelap sama dingin" kata aku sok tegar.

Sekitar 40 menit Deo dan teman-teman lain datang basah kuyup, mawar gemetaran, katanya sempat nangis juga kata Dadang, tapi entah lah.

Ini udah Jan 23:00 wit malam mereka bersihin diri. Kita makan ramai-ramai. Terus para cowok-cowok ubah lokasi tenda agar bisa lebih besar dan nyaman.

Aku dan mawar tidur, walaupun gak bisa nyenyak paksain deh. Deo, dilan dan si pelari jagain kita sampai pagi.

Paginya dilan dan pelari pamit balik. Akhirnya kelompok kembali utuh makan pagi lagi Deo masak dan bahas semua kejadian yang terjadi mulai dari yang mengganjal, unek-unek, hal yang dilarang, klarifikasi, pengakuan, pokonya sampai tuntas. 

Berakhir pada kita mandi bersih-bersih dan turun pendakian. Selama perjalanan balik cukub menyenangkan kan walau kaki mawar lecet perih katanya bagian belakang.

Sampai rumah aku jam 15:00 disambut dengan nasi Padang yang aku suruh ponakan aku beliin.





Selasa, 31 Oktober 2017

Contoh Power Point Skripsi

Hi there !

Kali ini bakal nge-share contoh slide proposal - skripsi, mungkin masih ada yang galau gitu point-point apa saja yang penting untuk dipresentasikan.

Tentu pembahasan, isi, tata bahasa, kemungkinan besar beda, jadi yang patut readers lihat garis besarnya saja yah !

sebagai contoh :
slide 1 cover
slide 2 latar belakang
slide 3 data proposal
slide 4 rumusan masalah
dan lain-lain

power point skripsi ini udah aku eksport dalam bentuk gambar biar lebih mudah, aslinya ada beberapa tambahan animasi bergerak.

oh yah ada slide yang aku hilangkan seperti data responden isinya tuh seperti berapa persen gender, rata-rata lama pemakaian produk, kemudian rata-rata pulsa yang sering dibeli dan lain-lain. semua terserah pada teman-teman yah!

buatlah PPT proposal - skripsi sesederhana mungkin dengan pengertian kompleks dan utamakan juga tata bahasa dan kenyamanan kalian yah ! :)


XOXO

see you on the next post !

Selasa, 26 September 2017

Rekomendasi Terbaik Anime Action


Hi there

Setiap yang namanya liburan weekend, semester, hari besar 90% hiburan aku movies, film, anime, drama, dorama, or what ever. Tapi anehnya kalau anime aku lebih suka action.

Anime action karena menurut aku tingkat kesadisannya atau keserammanya masih ada cara untuk kontrol diri sendiri like said :

“oh looked that! It’s okay this only 2D even there are many blood everywhere, this only 2D.”

Jadi kalau lagi mood down gak papa layawh nonton, tapi kalau action barat mental aku harus siap. So itulah alasan sederhana aku prefer to action anime.

Berikut beberapa action anime super duper rekomendasi beserta sinopsis, gak ada urutan terbaik yah ini semuanya bagus kok dan aku pikir beberapa bahkan sebagian besar anime pasti sudah kalian nonton, mungkin.

So let’s check it out :

Magi  the labyrinth of magi
 
kisah petualangan aladin dan alibaba, latar tempat dan suasana bertemakan timur tengah, tapi oopss! jangan tekecoh teman 180 derajat beda sama alibaba yang jadi dongeng karena kecerdikannya. anime lebih ke persahabatan, petualangan, rakyat, raja, kepemimpinan, sihir, pemerintahan, kepercayaan, tanggung jawab, kemiskinan, kekuasaan, dan banyak hal seru lainnya.

Guilty crown

siap-siap sama ending yang fantastis dan gak ada season lanjutan dan ini emang sengaja dilakukan oleh sang penulis guys. so pastiin nikmati setiap episode dengan baik.

Tahun 2029  menyebarlah Virus Apocalypse yang menyebabkan terjadi  insident ” Lost Christmas" tahun 2039 Ouma Shu pelajar usia 17 tahun bertemu  vokalis band egoist yang bernama Yuzuriha Inori secara tidak sengaja , ia juga menemukan sisi lain dari Inori, yaitu bahwa dia adalah anggota dari “Undertakers”, sebuah organisasi pemberontak yang bertujuan untuk membebaskan Jepang dari GHQ. Shu akhirnya bergabung ke organisasi “Undertakers” dan teryata shu memiliki kekutan “king’s mark".


Tokyo ghoul

yakin ga pernah nonton yang satu ini ? situ DESSO. gomen.. gomen... canda kok ! 
”Ghoul” adalah makhluk sama seperti manusia namun Jika sedang lapar ghoul ini tidak bisa memakan makanan yang biasa manusia makan. satu-satunya yang dapat ghoul cerna adalah daging manusia.

seorang mahasiswa universitas sebagai tokoh utama bernama Ken Kaneki bertemu seorang gadis yang juga gemar membaca seperti dirinya bernama Rize di sebuah café yang sering ia kunjungi dan ia tidak menyadari bahwa takdirnya berubah dalam satu malam.


Attack on titan

Dikisahkan pada tahun 700-an, umat manusia berada di ambang kepunahan karena keberadaan mahkluk yang disebut Titan berukuran raksasa pemakan manusia umat manusia yang bertahan hidup membangun 3 lapis tembok yang tinggi beratus-ratus meter, yakni Wall Maria, Wall Rose, dan Wall Sina, untuk berlindung dari teror para Titan. 

Setelah melewati masa 100 tahun yang damai di dalam perlindungan tembok, pada tahun 845, umat manusia kembali diingatkan mengenai kengerian sesungguhnya dari para Titan ketika Collosal Titan yang berukuran lebih tinggi dari tembok muncul secara tiba-tiba bersama dengan Armored Titan dan menjebol Wall Maria, banyak korban dan warga gempar tidak selamanya tembok akan berdiri kokoh melindung umat manusia.


 
Zetsuen no Tempes

I love the story campuran action, misteri, sihir, romance, plot karya  William Shakespeare, Hamlet , dan The Tempest dari penulis terkenal di sajikan dengan lebih apik.

Adik dari Mahiro selalu mencocok cocokkan kehidupannya dengan ketiga buku itu. Ia sering mengkutip beberapa quote dari buku itu. Sampai akhirnya ia mati  Dia punya teman bernama Yoshino. Suatu saat , Mahiro mendapat kontak dari Hakaze yang sedang terdampar di pulau terpencil. Akhirnya Mahiro dan Hakaze membuat kesepakatan. Mahiro akan membantu Hakaze untuk keluar dari pulau itu sedangkan Hakaze akan membantu Mahiro mencari pembunuh adiknya tercinta

sword art online

siapa sangka game bisa menyebabkan kematian banyak orang ?
Nerve Gear, helm virtual reality yang merangsang panca indera pengguna melalui otak mereka, pemain dapat merasakan dan mengontrol karakter dalam game mereka dengan pikiran mereka.

Pada tanggal 6 November 2022 semua pemain log in untuk pertama kalinya, dan kemudian menemukan bahwa mereka tidak dapat log out. Mereka kemudian diberitahu oleh Kayaba Akihiko, pencipta SAO, bahwa jika mereka ingin bebas, mereka harus mencapai lantai 100 menara permainan dan mengalahkan bos terakhir. Namun, jika avatar mereka meninggal dalam game, tubuh mereka juga mati di dunia nya.

 
 
 BTOOOM

Hampir sama dengan sword art online adaptasi game yang mempertaruhkan nyawa. bedanya tokoh karakter anime satu ini kebanyakan dewasa, tidak seperti sao yang gambarnya chuby-chuby / moe-moe.


.
 
Kiseijuu: Sei no Kakuritsu 

pernah terpikir untuk bekerja sama / bersahabat dengan alien ? Izumi Shinichi, memang sebelumnya dia hanya remaja biasa, sampai pd suatu malam ada alien berbentuk cacing mencoba untuk mengambil alih otak nya, akan tetapi dia gagal karena cacing ini pertamanya menggali atau menusuk memasuki tubuh Izumi.

lewat tangan kanannya dan Izumi berhasil mencegah mahluk tersebut masuk lebih jauh ke dalam otaknya. Alien/ Cacing ini bsa di sebut juga sebagai parasyte. Mahluk ini memangsa otak manusia untuk di jadikan rumahnya, atau bisa di bilang mahluk ini mengambil alih badan manusia dan memangsa manusia.